Sunday, April 22, 2012

Sebuah Catatan di Milad 1 thn Rumah Asa Keluarga Maya


1St Anniversary Rumah Asa Keluarga Maya

Tiada terkira rasa kesyukuran saya, sebuah rumah imajinasi yang dulu hanya ada dalam angan-angan saya kini telah berumur satu tahun. Memang belum ada bentuk fisik nyatanya rumah yang saya bangun 22 April 2011 lalu. Namun bagi saya, rumah imajinasi tersebut kini seolah menjelma menjadi nyata karena  keberadaan para penghuninya. Perkenalan yang terjadi atas takdirNya dengan ragam kisah yang berbeda antara satu dengan yang lainnya membuat senyum saya mengembang mengingat hal itu. Hingga, tepat pada 22 April 2012, tiga belas adik yang tersebar di berbagai wilayah se nusantara telah rela saya adopsi dan saya berikan bangunan rumah sederhana yang kami beri nama Rumah Asa Keluarga Maya. Sebuah rumah berdinding maya yang dibangun dengan penuh cinta dan dengan semangat meraih asa yang sama, kini telah menoreh banyak cerita. 

Kehadiran anggota keluarga yang dahulu hanya ada saya sebagai kakak dengan 13 orang adik adopsian, kini menjadi lebih semarak dengan kehadiran seorang Ibu yang biasa kami panggil mimi, seorang kakak laki-laki dan seorang kakak perempuan. Lengkap sudahlah keluarga kami dengan silsilah sedemikian rupa yang saya buat. Sayapun akhirnya kini tak lagi menjadi kakak perempuan tunggal bagi adik-adik, namun, menjadi kakak perempuan kedua. Syukurlah, saya, bisa juga mempunyai tempat bermanja dengan mimi, abang dan kakak perempuan saya. :D

Berkumpul dengan segenap anggota keluarga di rumah asa keluarga maya, tentu kami harus berjuang keras memahami karakter satu sama lain. Ada kalanya ketika kami tengah bersuka cita dengan thropy yang dibawa pulang salah satu anggota keluarga, maka ada pula yang merasa diadiktirikan dan kurang mendapat perhatian. Macam-macam pula, cara yang digunakan setiap anggota mengekspresikan berbagai macam rasanya ketika pulang ke rumah asa. Ada yang pulang langsung ngeloyor di kamar, ada yang rajin memasak, dan ada yang berceloteh tiada henti menceritakan aktivitasnya saat di luar rumah. Dan tentu saja, hal yang paling menyenangkan adalah ketika salah satu anggota keluarga kami berulangtahun. Kami akan bergotong royong memasak bersama, agar kami bisa merayakan ulang tahun di rumah walaupun hanya sederhana. Sajian puisi dan cerita pendek ikut meramaikan perayaan ulang tahun di rumah kami. Dan kegiatan ini, akan berturut-turut digelar khususnya bulan april. 3 Anggota keluarga berturut-turut berulangtahun :D 


Ada rasa haru dan bangga ketika salah satu anggota keluarga pulang dengan membawa laporan berhasil di kompetisi ini dan itu. Saya sangat bangga dengan pencapaian prestasi para anggota keluarga di rumah asa. Pun kadang rasa minder sempat terbit di hati saya, begitu membaca laporan kemajuan prestasi mereka, khususnya prestasi para adik. Saya yang selama ini hanya bisa memotivasi mereka, kini pun terlecut untuk mulai kembali bangkit, memupuk asa kembali yang beberapa waktu ke belakang kehilangan semangat. 

Pulang ke rumah asa, adalah suatu kerinduan yang tak terkira. Dan menjumpai segenap keluarga di rumah asa, adalah do’a yang terus terlantunkan, agar harapan ini, cepat atau lambat akan dikabulkan olehNya. 

Selamat hari jadi 1 tahun, Rumah Asa Keluarga Maya. Semoga keluarga kita semakin bisa saling memahami satu dan lainnya, semakin banyak thropy yang memenuhi almari kita dan semakin banyak karya kita yang terprasastikan dalam sebentuk buku agar perpus kita bisa diramaikan oleh buku-buku karya para anggota keluarga. 

Semoga, di usia satu tahun ini, sense belonging terhadap rumah kita, telah tertanam di hati seluruh anggota keluarga Rumah Asa Keluarga Maya. Semoga Rumah Asa, masih dan akan tetap menjadi rumah untuk pulang yang nyaman untuk kita huni bersama. Mohon maaf atas segala laku yang pernah membuat rasa tidak nyaman di hati. 

Salam penuh cinta untuk segenap penghuni Rumah Asa Keluarga Maya


Tumpeng untuk First Milad Rumah Asa :)



Bandar Lampung, 22/04/2012
20:04 wib
With Love

Tri Lego Indah F N

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan jejak setelah berkunjung yaa ...